Rabu, 03 Juni 2015

OS. Sacrum

OS. Sacrum atau tulang kelangkang berbentuk segitiga dan terletak pada bagian bawah kolumna vertebralis, terjepit diantara kedua tulang inominata (atau tulang koxa) dan membentuk bagian belakang rongga pelvis (panggul). OS.Sacrum berbentuk baji, terdiri atas 5 vertebra sakralis, yaitu:

1. Permukaan ventral disebut facies pelvina, berbentuk konkaf dan menghadap ke kavum pelvis. Dibagian medial ada garis-garis trasversal yang merupakan sisa dari batas masing-masing ruas disebutlinea trasversae. Pada ujung masing-masing garis terdapat lubang-lubang yang disebut foramina sacralisventralis.

2. Permukaan dorsal disebut facies dorsalis. Pada bagian medial ada rigi yang disebut cristasacralis media. Disebelahnya ada suatu crista lagi yang disebut crista sacralis intermedia. Disebelahlateral dan crista sacralis intermedia ada 4 pasang lubang yang disebut foramen sacralis posterior.Cornu sacrale yang ada di daerah apex membatasi suatu lubang yang disebut hiatus sakralis. Garis-garis di lateral foramen sacralis posterior disebut crista sacralis lateralis.

3. Permukaan ventrocranial yang disebut basis ala sacralis. Ke arah dorsal dari ala sacralis ada suatutonjolan yang disebut processus articularis superior. Kearah medialnya ada suatu teknik yangdisebut incisura vertebralis superior.

4. Permukaan caudal disebut apex.

5. Permukaan lateral disebut partex lateralis yang terletak disebelah lateral dari foramina sacralia.

Dasar dari sacrum terletak di atas dan bersendi dengan vertebra lumbalis kelima dan membentuk sendi intervertebral yang khas. Tepi anterior dari basis sacrum membentuk promontorium sakralis.
kanalis sakralis terletak dibawah kanalis vertebralis (saluran tulang belakang) dan memang lanjutan darinya. Dinding kanalis sakralis berlubang-lubang untuk dilalui saraf Sacral. Prosesus spinosus yang rudimenter dapat dilihat pada pandangan posterior dari sacrum. Permukaan anterior sacrum adalah cekung dan memperlihatkan empat gili-gili melintang, yang menandakan tempat penggabungan kelima vertebra sakralis.


Pada ujung gili-gili ini, disetiap sisi terdapat lubang-lubang kecil untuk dilewati urat-urat saraf. Lubang-lubang ini disebut foramina. Apex dari sacrum bersendi dengan tulang koksigeus. Di sisinya, sacrum bersendi dengan tulang ileum dan membentuk sendi sakro - iliaka kanan dan kiri.

0 komentar:

Posting Komentar